Kisi-Kisi Soal Masuk Ptn 2019 Terbaru

Prediksi kisi-kisi soal masuk perguruan tinggi negeri tahun 2015 Seleksi Masuk Bersama Perguruan Tinggi Negeri (SMBPTN 2015) oleh panitia akan diberikan kepada para penerima calon mahasiswa yang akan masuk perguruan tinggi negeri di seluruh Indonesia.

Hal ini ibarat informasi dan pemberitaan yang dimuat di media JPNN terkait dengan informasi bahwasannya panitia SMBPTN 2015 akan mempublikasikan soal-soal ujian tulis masuk perguruan tinggi di tahun 2015 ini.

kisi soal masuk perguruan tinggi negeri tahun  Kisi-Kisi Soal Masuk Perguruan Tinggi Negeri 2015

SNMPTN SMBPTN Tahun 2015


Jalur masuk perguruan tinggi negeri di tahun 2015 ini terbagi menjadi 3 jalur yaitu :
  1. Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).
  2. Seleksi Mandiri Bersama Perguruan Tinggi Negeri (SMBPTN).
  3. Seleksi Mandiri Perguruan Tinggi Negeri.
Pemerintah menetapkan ada tiga jalur masuk Perguruan Tinggi Negeri tahun ini. Yakni seleksi nasional masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNM PTN) yang berbasis nilai unas dan penelusuran prestasi akademik.

Kemudian SBM Perguruan Tinggi Negeri yang berbasis ujian tulis, serta ujian dapat bangkit diatas kaki sendiri yang dilaksanakan masing-masing kampus.

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Mandiri Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2015 kali ini diketuai oleh Rektor UNY Prof Dr Rochmat Wahab MPd M.A, sedangkan sekretaris dijabat oleh Rektor Universitas Andalas Padang Prof Dr Werry Darta Taifur MA.

Tahun ini universitas negeri yang tergabung dalam SNMPTN sebanyak 63 universitas, sebelumnya sebanyak 62 universitas. Selain itu tahun ini ada 13 universitas negeri gres yang magang dalam acara SNMPTN. Diharapkan tahun 2016 mendatang mereka tergabung dalam seleksi nasional mahasiswa tersebut. Seperti informasi yang dirilis dari suaramerdeka.com

Berbeda dengan SBMPTN, SNMPTN merupakan seleksi calon mahasiswa tanpa tes. Seleksi jalur itu memakai nilai rapor dan portofolio prestasi yang dimiliki oleh calon mahasiswa.

Semua prosesnya mulai dari pengisian PDSS (Pangkalan Data Sekolah dan Siswa), pendaftaran, dan pengunggahan karya calon mahasiswa dilakukan secara online.

Jadwal SNMPTN tahun 2015 sendiri terdiri atas :
  • Pengisian dan verifikasi PDSS pada 22 Januari-8 Maret 2015
  • Pendaftaran SNMPTN pada 13 Februari-15 Maret 2015.
  • Pengolahan data pada 1 April-31 Mei 2015.
  • Pengumuman kelulusan SNMPTN pada 9 Mei 2015.
  • Pendaftaran ulang SNMPTN pada 9 Juni 2015.
Sementara SBMPTN berupa tes tertulis yang dilakukan sesudah kelulusan siswa, artinya dilakukan sesudah proses SNMPTN. Jadwal pelaksanaan ujian tertulis SBMPTN tahun 2015 bersamaan dengan registrasi ulang SNMPTN, yakni 9 Juni.

Soal-Soal Masuk Perguruan Tinggi Negeri 2015


Ketua SNM Perguruan Tinggi Negeri sekaligus SBM Perguruan Tinggi Negeri Rohmat Wahab mengatakan, panitia belum menetapkan waktu registrasi SBMPTN. "Biasanya SBM Perguruan Tinggi Negeri dilaksanakan sesudah SBM PTN," katanya kemarin.

Rohmat menuturkan, muncul masukan untuk perbaikan sistem ujian tulis SBM PTN. Yakni panitia mempublikasi kisi-kisi soal yang akan diujikan kepada calon mahasiswa baru. Skemanya ibarat dengan publikasi kisi-kisi ujian nasional (unas) yang rutin dibeber setiap tahun.

"Usul mempublikasi kisi-kisi soal SBM PTN ini baik sekali. Akan kita kaji bersama para rektor PTN," kata laki-laki yang juga rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) itu. Dalam waktu dekat, keputusan publikasi kisi-kisi soal SBM Perguruan Tinggi Negeri itu akan dikeluarkan.


Jika panitia benar-benar mempublikasi kisi-kisi soal SBM PTN, tentu sebuah terobosan yang penting. Sebab selama ini penerima SBM Perguruan Tinggi Negeri "buta" terhadap bahan ujian yang akan mereka garap. Calon mahasiswa dapat bersiap dengan mempelajari kisi-kisi. Mereka hanya dapat mengira-ngira menurut buku presiksi soal SBM Perguruan Tinggi Negeri yang dibentuk bukan oleh panitia resmi.

Rencana lain yaitu publikasi nilai hasil ujian tulis SBM PTN. Selama ini panitia hanya mengumumkan kelulusan dengan mempublikasi nama dan nomor ujian saja, tanpa disertai nilai hasil ujian. Sehingga tidak diketahui nilai yang jeblok, sihingga tak lulus SBM PTN, itu ada di mata ujian bidang apa.

"Banyak pertimbangan apakah kita nanti juga akan memampang nilai hasil ujian tulis SBM PTN," tutur Rahmat.

Salah satu pertimbangannya adalah, hukum keterbukaan informasi publik (KIP). Menurutnya, nilai hasil ujian tulis yaitu informasi publik yang dikecualikan alias rahasia. Yang boleh mengetahui hanya penerima bersangkutan. (jpnn.com).

Kita tunggu bersama apakah benar panitia benar-benar akan mempublikasikan secara umum soal-soal ujian masuk perguruan tinggi negeri si seluruh Indonesia di tahun 2015 ini

Belum ada Komentar untuk "Kisi-Kisi Soal Masuk Ptn 2019 Terbaru"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel