Macam Tarian Tradisional Indonesia

Tarian yang menggambarkan gerakan orang menanam padi. Tongkat menggambarkan kayu penumbuk sedangkan bambu serta biji-bijian didalamnya menggambarkan benih padi dan wadahnya. Tarian ini cukup terkenal dan sering disajikan dalam penyambutan tamu dan acara-acara lainnya.Tari ini tidak hanya dikenal oleh suku Dayak Tunjung namun juga dikenal oleh suku Dayak Benuaq. Tarian ini sanggup dibagi dalam tiga versi yaitu tari Gantar Rayatn, Gantar Busai dan Gantar Senak/Gantar Kusak. Tari Perang

Macam Tarian Tradisional Indonesia

Tari Kancet Papatai / Tari Perang
Macam Macam Tarian Tradisional Indonesia Macam Macam Tarian Tradisional Indonesia
Tarian ini menceritakan perihal seorang satria Dayak Kenyah berperang melawan musuhnya. Gerakan tarian ini sangat lincah, gesit, penuhsemangat dan kadang kala diikuti oleh pekikan si penari.

Dilengkapi dengan peralatan perang mirip mandau, perisai dan baju perang.

Tari Hudoq

Macam Macam Tarian Tradisional Indonesia Macam Macam Tarian Tradisional Indonesia
Tarian ini dilakukan dengan menggunakan topeng kayu yang mirip hewan buas serta menggunakan daun pisang atau daun kelapa sebagai epilog badan penari. Tarian ini bersahabat hubungannya dengan upacara keagamaan dari kelompok suku Dayak Bahau dan Modang. Tari Hudoq dimaksudkan untuk memperoleh kekuatan dalam mengatasi gangguan hama perusak tanaman dan mengharapkan diberikan kesuburan dengan hasil panen yang banyak.

Tari Hudoq Kita

Macam Macam Tarian Tradisional Indonesia Macam Macam Tarian Tradisional Indonesia
Tarian dari suku Dayak Kenyah ini pada prinsipnya sama dengan Tari Hudoq dari suku Dayak Bahau dan Modang, yakni untuk upacara menyambut tahun tanam maupun untuk memberikan rasa terima kasih pada yang kuasa yang telah memperlihatkan hasil panen yang baik. Perbedaan yang mencolok anatara Tari Hudoq Kita' dan Tari Hudoq ada pada kostum, topeng, gerakan tarinya dan iringan musiknya. Kostum penari Hudoq Kita' menggunakan baju lengan panjang dari kain biasa dan menggunakan kain sarung, sedangkan topengnya berbentuk wajah insan biasa yang banyak dihiasi dengan tabrakan khas Dayak Kenyah. Ada dua jenis topeng dalam tari Hudoq Kita', yakni yang terbuat dari kayu dan yang berupa cadar terbuat dari manik-manik dengan ornamen Dayak Kenyah.

Tari Serumpai

Tarian suku Dayak Benuaq ini dilakukan untuk menolak wabah penyakit dan mengobati orang yang digigit anjing gila. Disebut tarian Serumpai alasannya yaitu tarian diiringi alat musik Serumpai (sejenis seruling bambu).

Tari-tarian Daerah spesial Aceh

Tari Seudati, berasal dari Arab dengan latar belakang agama Islam. Sebuah tarian dinamis penuh keseimbangan dengan suasana keagamaan. Tarian ini sangat disenangi dan terkenal di kawasan Aceh.Tari Saman Meuseukat, di lakukan dalam posisi duduk berbanjar dengan irama yang dinamis. Suatu tari dengan syair penuh pedoman kebajikan, terutama pedoman agama Islam. Macam Macam Tarian Tradisional Indonesia Macam Macam Tarian Tradisional Indonesia

Tari Seudati

Tari-tarian Daerah Bengkulu
Tari Andun, dari Bengkulu Selatan ini merupakan sebuah tarian guna menyambut para tamu yang dihormati.  Tari Bidadari Teminang Anak, tarian ini sanggup pula diartikan bidadari meminang anak. Tarian susila ini berasal dari Rejang Lebong.
Macam Macam Tarian Tradisional Indonesia Macam Macam Tarian Tradisional Indonesia

Tari-tarian Daerah Nusa Tenggara Barat

Tari Mpaa Lenggogo, sebuah tarian guna menyambut Maulid Nahi Muhammad SAW. Tarian ini juga sering dipertunjukkan pada upacara-upacara perkawinan atau upacara khitanan keluarga raja.

Tari Batunganga, sebuah tari berlatar belakang kisah rakyat. Mengisahkan perihal kecintaan rakyat terhadap putri raja yang masuk ke dalam batu. Mereka memohon biar sang putri sanggup keluar dari dalam kerikil itu.

Tari-tarian Daerah Nusa Tenggara Timur

Tari Perang, tari yang memperlihatkan sifat-sifat keperkasaan dan kepandaian mempermainkan senjata. Senjata yang digunakan berupa cambuk dan perisai.

Tari-tarian Daerah Sumatra Barat

Tari Piring : Sebuah tari tradisional yang melambangkan suasana kegotong royongan rakyat dalam menunaikan tugasnya. Siang hari mengerjakan sawah ladang dan malam harinya bersukaria bersama-sama.

Tari-tarian Daerah Sumatra Selatan

Tari Putri Bekhusek, artinya sang putri yang sedang bermain. Tari ini sangat terkenal di Kabupaten Ogan Komering Ulu dan melamhangka kemakmuran kawasan Sumatra Selatan.

Tari-tarian Daerah Sumatra Utara

Tari Serampang Dua Belas, Sebuah tari Melayu dengan irama joged diiringi musik dengan pukulan gendang ala Amerika Latin. Serampang dua belas merupakan tari pergaulan.

Tari Tor Tor, Sebuah tari dari kawasan Batak dengan latar belakang falsafah peradatan dan ditarikan dalam suasana khusuk.

Tari-tarian Daerah spesial Yogyakarta

Tari Serimpi Sangu Pati, sebuah tarian keraton pada masalalu disertai bunyi gamelan dengan gerak tari yang lembut.

Tari Bedaya, merupakan tarian keraton yang di tarikan oleh 9 putri dengan irama yang lemah gemulai.

TARI MERAK

Tari Merak merupakan salah satu tarian kawasan kreasi gres yang dikreasikan oleh Raden TjetjepSomantri sekitar tahun 1950-an, yang kemudian direvisi kembali oleh dra. Irawati Durban pada tahun 1965.

Pada tahun 1985 dra. Irawatai merevisi kembali koreografi tari merak dan mengajarkannya secara pribadi pada Romanita Santoso pada tahun 1993.

Walaupun tarian ini dibawakan oleh penari wanita, namun bekerjsama tarian ini membuktikan tingkah laris merak jantan dalam menebatkan pesonanya kepad merak betina.

Dalam tarian ini digambarkan bagaimana perjuangan merak jantan untuk menarik perhatian merak betina dengan memamerkan bulu ekornya yang indah dan panjang.

Dalam usahanya menarik merak betina, sang jantan akan menampilkan pesona terbaik yang ada pada dirinya sampai bisa menciptakan sang betina terpesona dan berlanjut pada ritual pekawinan.

TARI PIRING

Tari Piring merupakan tarian khas dari kawasan Sumatera Barat, Minang Kabau. Tarian khas ini sudah sangat terkenal di Indonesia. Oleh alasannya yaitu itu pada kesempatan kali ini saya akan sedikit mengulas Sejarah Asal Usul Tari Piring yang sangat terkenal tersebut sebagai penambah wawasan dan pengetahuan kita terhadap budaya bangsa.







0 Response to "Macam Tarian Tradisional Indonesia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel